POHON TREMBESI,POHON AJAIB PENYERAP KARBONDIOKSIDA

POHON TREMBESI,POHON AJAIB PENYERAP KARBONDIOKSIDA

Setiap jenis tanaman memang memiliki kadar penyerapan karbondioksida yang berbeda – beda . Banyak factor dan sebab yang mempengaruhi hal ini ,antara lain berdasarkan mutu klorofil yang ada dalam daun yang ditentukan oleh banyak sedikitnya magnesium yang menjadi inti klorofil .Semakin besar tingkat magnesium yang dikandung dalam klorofil tumbuhan ,warna daun akan semakin berwarna hijau pekat .

Sehingga membantu mengoptimalkan proses fotosintesis yang terjadi .Selain itu tumbuhan atau pohon buah – buahan termasuk golongan penyerap karbondioksida yang paling baik . Bahkan diantara tanaman – tanaman itu sangat jago dam mempunyai kemampuan besar untuk menyerap karbondioksida (CO2) . Pohon Trembesi ( samanea saman ) dan cassia merupakan salah satu contoh tumbuhan yang kemampuan menyerap CO2-nya sangat besar hingga mencapai ribuan kg pertahunnya .

Sebagaimana diketahui ,tumbuhan melakukan fotosintesis untuk membuat zat makanan atau energy yang dibutuhkan tanaman tersebut .Dalam fotosintesis tersebut tumbuhan menyerap karbondioksida dan air kemudian di ubah menjadi glukosa dan oksigen dengan bantuan sinar matahari . Kesemua proses ini berlangsung di klorofil . Kemampuan tanaman sebagai peenyerap karbondioksida berbeda – beda . Banya factor yang mempengaruhi daya serap karbondioksida . Diantaranya ditentukan oleh mutu klorofil .

Mutu klorofil ditentukan berdasarkan banyak sedikitnya magnesium yang menjadi inti klorofil .Semakin besar tingkat magnesium daun akan berwarna hijau gelap . Daya serap karbondioksida sebuah pohon juga ditentukan oleh luas keseluruhan ,daun,umur daun , dan fase pertumbuhan tanaman . Selain itu,pohon – pohon yang berbunga dan berbuah memiliki kemampuan berfotosintesis yang lebih tinggi sehingga mambu sebagai penyerap karbondioksida yang lebih baik factor lainnya yang ikut menentukan daya serap karbondioksida adalah suhu,dan sinar matahari ,ketersediaan air . Trembesi pohon penyerap karbondioksida merupakan pohon yang di teliti pada tahun 2007-2008 yang memberikan hasil bahwa Samean Saman terbukti menyerap apaling banyak karbondioksida . dalam setahun trembesi dapat menyerap 28,50 kg karbondioksida .

baca juga : Jual Pohon Trembesi

Selain pohon trembesi dadapat juga berbagai jenis tanaman yang mempunyai kemampuan tinggi sebagai tanaman penyerap karbondioksida . pohon – pohon itu diantaranya adalah cassia,kenanga ,pingku,beringin ,dan berbagai jenis tanaman . Tumbuh – tumbuhan tersebut adalah jagoan penyerap karbondioksida berdasarkan riset yang dilakukan oleh  peneliti yang dipiblish awal 2008 . Tidak menutup kemungkinan masih terdapat pohon – pohon lain yang mempunyai kemampuan daya serap karbondioksida yang lebih tinggi .Namun upaya yang dilakukan peneliti iini patut anda acungi jempol yang membuat anda dapat lebih tepat memilih tanaman yang mempunyai kemampuan ekstra sebagai penyerap karbondioksida dalam upaya mengurangi polusi udara dan mengurangi dampak pemanasan global .

Pohon trembesi ini memang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan lingkungan tapi pohon trembesi ini juga mempunya dampak negative yaitu pohon trembesi termasuk pohon yang agresif yang mana pohon ini bisa menghambat jenis pohon lain untuk dapat hidup berdampingan dengannya ,akar pohon ini juga sering mencul kepermukaan tanah sehingga menimbulkan kerusakan pada aspal dan badan jalan ,ketersediaan air juga akan tergangu jika pohon ini ditambah di wilayah padat penduduk karena pohon ini menyerap air untuk kebutuhannya dengan lebih banyak padahal air berguna salah satunya untuk menghasilkan manfaat air putih bagi kehidupan manusia , dari dampak yang timbul oleh pohon trembesi ini maka dianjurkan untuk menanam pohon di area yang memang dikhususkan sebagai taman dengan ukuran yang luas dan jauh dari pemukiman penduduk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *