mengenal ciri ciri pohon pule

mengenal ciri ciri pohon pule

Tanaman pohon pule ini juga dikenal dengan nama pule, gabus, lame, lamo, dan jelutung lor. Tanaman ini memiliki manfaat utama yaitu dapat digunakan sebagai tanaman penghijauan. Seperti kebanyakan fungsi tanaman hijau yang sebenarnya adalah untuk digunakan sebagai penghijauan dan pembersih udara, begitu pula tanaman pohon pule ini.

Bagi anda yang belum tahu seperti apakah pohon pule itu, berikut marilah kita mengenal ciri-ciri pohon pule.

Pohon pule merupakan tanaman tropis yang dapat ditemukan di dataran rendah sampai 900 meter diatas permukaan laut. Tanaman ini berbentuk seperti pohon dengan tinggi 20 – 25 meter. Batang tanaman ini lurus dengan diameter rata-rata 60 cm, berkayu, dan memiliki percabangan yang menggarpu. Kulit batang pada pohon pule ini dikenal sangat rapuh dengan rasa yang sangat pahit dan terdapat pula getah berwarna putih.

Daun pada tanaman pohon pule ini berjenis daun tunggal, tersusun melingkar 4 – 9 helai, dilengkapi dengan tangkai daun yang panjangnya 7,5 hingga 15 mm. daun pada pohon pule ini memiliki bentuk lonjong atau oval sampai lanset atau sampai bulat telur sungsang. Bagian permukaan pada daun pohon pule ini sangat licin pada bagian atas sedangkan bagian bawahnya buram. Tepi daunnya rata dengan jenis pertulangan daun yang menyirip. Panjang dari daun pule untuk setiap garpunya sendiri adalah antara 10 hingga 23 cm dengan lebar mulai 3 hingga 7,5 cm dengan warna hijau khas.

baca juga : Jual pohon palem

Bukan hanya itu pohon pule juga dilengkapi dengan bunga. Bunga pohon ule ini berjenis bunga majemuk yang tersusun rapi dari malai yang bergagang panjang dan keluar dari ujung tangkai pohon. Bunga pohon pula ini berwarna hijau terang hingga putih kekuningan, berambut halus yang rapat. Setelah bunga pohon pule ini nantinya akan berubah menjadi buah pule. Buah pada pohon pule ini berupa buah bumbung yang berbentuk pita. Panjang buah bumbung ini adalah sekitar 20 hingga 50 cm dan bersifat menggantung.

Didalam buah pule ini tentu saja dilengkapi dengan biji buah pule. Biji dari buah ini sangat kecil dengan panjang 1,5 hingga 2 cm, memiliki rambut pada bagian tepinya dan berjambul pada bagian ujungnya. Dengan adanya biji ada buah pohon pule ini, pohon pule bisa dilakukan perbanyakan dengan biji. Selain dengan biji, perbanyakan pohon pule ini juga bisa dilakukan dengan sete batang atau setek cabang.

Itulah dia informasi tentang mengenal ciri ciri pohon pule. Bagi yang belum pernah melihat penampakan pohon pule bisa membaca artikel kami diatas. Atau jika anda memerlukan informasi lebih lanjut, anda bisa mencari artikel lain dari website ini untuk lebih memperdalam pengalaman Anda dalam mengenal pohon pule.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *