Jual Kubah Masjid 4000 Km. – Innuvik, Kanada

 

Masjid yang memang mempunyai nama “Masjid 4000 Kilometer” ini memang terdapat sejauh 4,000 Km. dari tempat masyarakat pada waktu didirikannya masjid ini. Ada kejadian menarik di balik pembangunan Masjid 4000 Km. ini. Kejadian perjalanan jual kubah masjid ini diawali ketika masyarakat muslim di Kota Innuvik, Kanada, suatu kota dengan suhu yang rendah dengan hamparan padan tundra yang begitu luas. Di antara 3,000 penduduknya ketika itu, ada 100 masyarakat beragama muslim yang begitu merindukan akan suatu masjid menjadi tempat peribadatan mereka.

Semula, masyarakat muslim yang ada di Kota Innuvik cuma menjalankan ibadahnya dalam sesuatu trailer tua yang begitu sempit serta sudahlah tidak dapat kembali menyimpan jamaah yang makin bertambah. Selanjutnya, masyarakat muslim Innuvik mulai ambil ide buat menyatukan dana yang dihimpun dari sumbangan mereka. Dana yang udah terkumpul saat lebih kurang 3 tahun itu selanjutnya dipakai buat beli suatu area terpencil di lokasi utara Kanada.

Yayasan Zubaidah Tallab, suatu instansi amal yang berada pada Winnipeg, Manitoba, Kanada, atau instansi amal yang berniat dibuat oleh kaum muslim Innovik kala itu buat mendistribusikan dana sumbangan yang dipakai buat membuat sesuatu masjid. Suatu jual kubah masjid selanjutnya dibuat “Secara Utuh” di kota Winnipeg, negara sisi Manitoba, selanjutnya diantar ke Kota Innuvik yang mempunyai jarak lebihd dari 4,000 Km. memanfaatkan angkatan darat ataupun lewat angkatan sungai. Perjalanan itu melewati dua negara sisi seacra utuh, ditambah ½ lokasi negara sisi Manitoba serta 3/4 sisi lokasi Notwest Teritories yang mempunyai keseluruhan jarak tempuh lebih kurang 4,000 km. sebelum datang di Innuvik.

Bangunan masjid ini mulai dibuat di Wannipeg pada bulan Juni 2010, selanjutnya perjalanan masjid itu diawali pada bulan Agustus 2010. Perjalanan masjid ini diawali dengan alat angkut suatu truk trailer yang berjalan scara perlahan-lahan dari kota Winnipeg. Perjalanan itu bahkan juga menjumpai beberapa kendala seperti cuaca tidak baik, kemacetan, bahkan juga perizinan di negara sisi yang berlainan, sebab muatan yang diangkut trailer itu tidak biasa.

Selanjutnya ketika datang di Kota Edmunton, bangunan masjid dengan utuh itu dipindahkan dari Truk ke kapal menunda di sungai Hay, selanjutnya mulai perjalanan lewat arah air diawali pada tanggal 22 September 2010. Perjalanan melalui arah sungai itu memakan banyak waktu sampai 24 hari serta selanjutnya datang di Dermaga Kota Innuvik dengan sambutan haru penuh suka-ria oleh masyarakat muslim Innuvik. Kebahagiaan menyelimutinya masyarakat muslim dari sana sesudah terasa resah serta risau apa bangunan masjid dengan utuh itu bisa s/d selamat ke lokasi mereka.

Atas do’a serta kepercayaan mereka, selanjutnya Masjid 4,000 Km. bisa s/d selamat tanpa goresan sedikitpun. Setelah tiba pada tempat yang diputuskan, masjid ini selanjutnya tambah lagi dengan pintu sekunder serta karpet serta selanjutnya mulai dipakai pada bulan Oktober 2010.

Perjalanan bangunan masjid yang udah meniti jarak sampai 4,000 km. ini bahkan juga seperti suatu keajaiban yang berlangsung dengan fakta. Bahkan juga, sejumlah rekor lantas ikut didapat oleh masjid ini sebelum dipakai oleh kaum muslim di Innuvik. Sejumlah rekor yang didapat yaitu berubah menjadi Masjid Sangat Utara di Benua Amerika, serta berubah menjadi Masjid Sangat Utara ke-empat di bumi ini. Bahkan juga, rekor berbeda yang begitu unik yaitu berubah menjadi cuma satu Bangunan Masjid yang meniti jarak sangat jauh di muka bumi ini.

Masjid 4,000 km. atau “Masjid Innuvik” atau lebih tenar dengan julukannya “Mid Night Sun Mosque” atau “Masjid Sinar Matahari di Tengah Malam” berubah menjadi salah satunya masjid yang letak tempatnya ada di titik sangat utara di muka bumi ini. Innuvik sendiri adalah suatu nama kota yang terdapat dibagian utara kanada, terdapat di 2 derajat dikit di atas garis lingkar kutub utara. Sekaligus juga berubah menjadi salah satunya tempat sangat utara di bumi ini.

Kota Innuvik cuma ditempati oleh lebih kurang 4,000 orang saja serta lebih kurang 10% penduduknya beragama muslim. Bahkan juga bertambah berjalannya waktu, populasi kaum muslim makin bertambah di ruang itu. Tempat Masjid 4,000 Km. yang pasti di 29 Wolverine Road, Inuvik, NT, Kanada, atau di tepian sungai serta delta Mackenzie. Delta sungai mackenzie sendiri adalah satu delta air tawar terluas serta paling besar di Kanada.

Awal kalinya udah diterangkan bagaimana perjalanan panjang Masjid 4,000 Km. ini dalam meniti seluruh perjalanannya dari Winipeg. Kesempatan ini kita sedikit akan mundur kalau sebelum masjid Innuvik itu dikirim serta didikan di Winipeg, awal kalinya penduduk muslim Innuvik cuma memanfaatkan suatu Trailer (Box Angkutan) yang diset-ulang berubah menjadi suatu bangunan yang menyerupai dengan tempat tinggal lebih kurang. Selanjutnya dari hasil rumah itu digunakan menjadi tempat peribadatan mereka.

Bahkan juga sebelum tersedianya jual kubah masjid Innuvik atau Masjid 4,000, banyak masyarakat muslim mengantarkan anak-anak mereka ke beberapa pelosok Kota Kanada buat meniti tahapan pendidikannya, sebab di Innuvik belum ada tempat sama dengan sekolah ataupun madrasah. Bahkan juga karena sangat terpencilnya, masyarakat Innuvik yang wafat jenazahnya akan diantar ke Winipeg buat disemayamkan dalam sesuatu komplek pemakaman muslim dari sana.

Dari beberapa jenis kendala serta hambatan ini dia, semangat dari para muslimin Innuvik muncul. Mereka setuju buat menyatukan dana sama-sama saat beberapa waktu, soal ini dikerjakan mengingat pada waktu pertama kalinya gagasan masjid dibuat banyaknya kaum muslim yang berada pada Innuvik cuma lebih kurang 100 orang. Selanjutnya, sesudah mengusahakan saat 3 tahun penuh buat menyatukan dana, selanjutnya masyarakat muslim Innuvik bisa beli sebidang tanah serta dapat buat beli suatu bangunan Masjid yang dibuat dengan utuh di Winipeg, selanjutnya di kirimkan ke Innuvik dengan utuh.

Datang di Innuvik yang pasti di hari Rabu petang, Tanggal 22 September 2010, kapal yang membawa bangunan Masjid Innuvik hadir di dermaga NTCL sesudah perjalanannya saat lebih kurang 24 hari lamanya. Kehadiran itu seketika diterima dengan senang oleh masyarakat Innuvik yang selanjutnya bersorak atas kehadiran suatu jual kubah masjid yang udah di tunggu-tunggu saat beberapa waktu paling akhir. Ketika itu, lebih kurang 40 orang muslim hadir menyongsong bangunan masjid di dermaga, kendati ketika itu salju tengah turun. Suka ria datangnya bangunan masjid ini menaikkan suka ria mereka sesudah menyongsong hari raya idul fitri 1431 H.

Semula masjid itu belum mempunyai nama, selanjutnya sejumlah jamaah memberi saran nama “Gracefull Mosque” atau “Masjid Yang Diberkati” sebab sudah meniti perjalanan panjang sampai 4,000 Km.. Akan tetapi nama yang begitu menempel sampai sekarang yaitu Masjid 4,000 Km. serta Masjid Kemilau Sinar Mentari di Malam Hari.

Sekarang ini, Masjid Innuvik tidak hanya digunakan menjadi masjid (tempat peribadatan kaum muslim), pun sisi tempat berbeda digunakan menjadi sekolah / madrasah tempat anak-anak Innuvik mengerjakan aktivitas belajarnya. Selanjutnya mereka tak perlu kembali alami perjalanan jauh ke Kota Winipeg setiap saat pingin menuntut pengetahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *